Baca juga

Untukmu yang cari pinjaman modal untuk mulai usaha

sebelum-berhutang-untuk-usaha

Agak agak baper saya baca status dari Kang Rendy Saputra soal cash & debt di bisnis, sampai akhirnya tulisan ini saya buat salah satunya karena terpicu itu juga.. heheh.. Tiba-tiba, seperti tersedot ke beberapa waktu yang lalu di saat-saat suram penuh tekanan. 

Virus wirausaha

Teman-teman, percayalah wirausaha itu ngga hanya seindah screenshoot penghasilan di newsfeed atau foto jalan jalan mastah di belakangnya kita ngga pernah tahu dengan benar benar detil seperti apa proses perjuangan mereka. Mulai soal waktu, tekanan dan bisa jadi air mata yang mereka korbankan untuk pencapaiannya sekarang. Lebay ya? itu kenyataannya ngga ada yang gratis, apalagi untuk sebuah kesuksesan

Jujur saya sendiri sangat senang kalau nambah teman di wirausaha, dari teman-teman sekolah sampai alumni kampus pun sering datang untuk sekedar bahas niatan mereka berwirausaha. Biasanya mereka terinspirasi dari acara seminar atau media yang membahas kesuksesan anak muda di bisnis, bagaimana mereka bisa financial freedom & time freedom di usia yang belum lebih dari 30 tahun.

Lalu bagaimana kalau start wirausaha dari pinjaman ? Nah ini yang kadang saya sering cerewet..  Begini, wirausaha itu dunia yang paling ngga pasti untuk soal penghasilan bahkan banyak teman yang bilang mirip roller coaster dan jantungmu harus kuat. Berani aja ngga cukup, ya bisa memang di ibaratkan seperti renang nyemplung aja nanti juga bisa berenang. Tapi saya juga tau betul, yang mati tenggelam juga banyak apalagi kalau sudah berkeluarga, ingat ada anak dan istri yang harus di tanggung hidupnya. Bagi saya nekat & berani saja itu belum cukup, harus ada ilmunya.

Masih kurang ngeri? Ok, pernah dengar ada istri yang minta cerai gara gara suaminya bangkrut? di terorr tukang tagih utang? atau rumah orangtua disita? Itu sering terjadi di belakang layar, kenapa jarang ada beritanya? Ya karena mereka cukup tertekan untuk cerita.

Kunci di bisnis menghasilkan cash, coba sekarang evaluasi berapa cash yang bisa di hasilkan. Jangan jangan belum pernah jualan atau jualannya masih sesekali laku, nah coba bayangkan kalau sudah terlanjur hutang sedangkan usaha belum jalan mau di bayar dengan apa hutangnya? Ya kalau punya asset yang bisa di jual, kalau ngga ada apa iya rumah orangtua harus di jual hanya karena keputusan konyol?

Jatuh di bisnis kadang sulit di hindari, bisa di bilang hampir semua pengusaha pernah bangkrut. Ngga mungkin kan baru buat satu usaha, langsung lancar sukses kaya raya? Jatuh di bisnis saja sudah sakit, apalagi kalau di tambah beban hutang modal yang sudah terlanjur ada dari awal.

Bersyukur kalau masih jadi karyawan, setidaknya bisa sisihkan gaji untuk modal. Kalau masih kurang? ya terus kumpulkan dari penjualan yang di kerjakan sebagai sambilan. Jadi pakai saja uang yang ada, jangan buru buru berhutang. Cara cari modal juga bisa dengan hal hal sederhana, misal : dropship dari marketplace.

NB :  banyak ibu ibu bisa punya income lebih dari 5 juta perbulan hanya dengan dropship & jualan di social media. Ayolah jangan manja, jangan buru buru resign & berhutang untuk modal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*