Baca juga

Persiapan sebelum resign dan berwirausaha

persiapan yang harus di lakukan sebelum resign

Berhenti dari status karyawan bagaimanapun tidak akan mudah dan bisa lepas begitu saja, apalagi kalau anda memiliki gelar sarjana atau sudah berkeluarga. Banyak pertimbangan-pertimbangan lain yang harus di pikirkan, mulai dari anggapan orang hingga tentu saja soal finansial untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sebelum resign, ada baiknya mempersiapkan bahkan kalau bisa sudah mempertimbangkan kemungkinan terburuknya. Percayalah dunia wirausaha tidak seindah kata-kata motivator di seminar.

Ini yang harus anda lakukan sebelum resign :

  1. Persiapkan keuangan, usaha yang di bangun memang bisa jadi tumbuh tapi banyak juga yang bangkrut padahal belum sempat menikmati hasilnya. Disini anda harus memiliki uang pegangan, minimal dana untuk makan sehari hari atau dana darurat untuk berjaga-jaga. Lebih bagus lagi kalau punya dana untuk hidup beberapa bulan kedepan
  2. Kuatkan mental & psikologis, Kecuali anda lahir di keluarga yang memang berwirausaha, anda akan menemukan hal-hal seperti di anggap bodoh karena menyia-nyiakan ijazah, atau bahkan di anggap pengangguran karena sehari-hari tidak pergi berangkat kerja seperti orang pada umumnya. Belum lagi kalau ternyata bisnis yang anda bangun gagal, akan ada cobaan bertubi-tubi yang harus di hadapi. Ingat bisnis kemungkinanya cuma dua : untung atau rugi. Anda bisa mendapatkan yang di inginkan, tapi bisa juga kehilangan segalanya. Siap?
  3. Berlatihlah hidup semurah mungkin, waktu jadi karyawan biasa gaji 5 juta ketika wirausaha punya uang 50juta bisa jadi kaget atau bahkan jadi OKB (orang kaya baru). Yang tadinya biasa pakai sepeda motor, mendadak pingin punya mobil, yang sebelumnya pakai handphone biasa mendadak pingin handphone di atas 5 juta. Akhirnya uang berapapun akan habis, dan tetap miskin secara finansial.
  4. Ikut kedalam komunitas wirausaha, kita beruntung hidup di era sekarang. Banyak sekali wadah dan komunitas wirausaha yang bisa kita ikuti tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Dengan ikut kedalam komunitas, akan banyak ilmu dan pengalaman hidup baru yang bisa di petik. Perluas pergaulan di komunitas, bagaimanapun nantinya kita butuh masukkan dari mereka sesama wirausahawan, Kita sudah tidak bisa lagi bertanya tentang wirausaha ke yang masih menjadi karyawan.
  5. Kuatkan niat, ini yang terakhir ketika sudah memutuskan untuk resign dan wirausaha jangan pernah ada pemikiran jika usaha ini tidak seperti yang di harapkan akan bisa dengan mudah kembali menjadi karyawan.

Selamat mencoba dan selamat datang di dunia wirausaha

8 comments

  1. Proses pra resign tersebut sebaiknya berapa lama mas?
    mungkin ada batas maksimalnya gitu 😀

  2. Cocok nih lagi kebetulan ada rencana resign

  3. huhuhu. awalnya pengen pindah kerjaan, setelah pindah akhirnya berhenti bekerja. jauh lebih susah dari perkiraan.

  4. yah bagi yang belum siap mereka bisa berbarengan untuk usaha sambil kerja begitu usaha sudah terlihat stabil baru bisa memutuskan resign

  5. Kalau ada peluang bagus di depan mata kayaknya memang lebih baik resign sebagai karyawan ya mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*