Baca juga

Lakukan ini agar CS toko online bisa menjual lebih banyak dari biasanya

cross-selling-up-selling-adalah

Semua pasti sepakat dengan anggapan bahwa penjualan atau sales adalah ujung tombak organisasi bisnis, dimana organisasi akan hidup dari fase tumbuh menjadi berkembang. Salah satu komponen pentingnya adalah sales, atau CS jika pada toko online yang nantinya menghasilkan cash dan memiliki fungsi seperti darah dalam organisasi bisnis untuk di gunakan untuk operasional hingga ekspansi ke tingkat yang lebih tinggi.

Tapi sayangnya, di divisi ini juga peluang peluang-peluang seringkali lewat begitu saja hanya karena tenaga sales kurang jeli atau bahkan memang benar benar tidak tahu kalau masih ada peluang untuk menghasilkan penjualan yang lebih besar !!

  1. Up selling : Sederhananya adalah bagaimana caranya agar pelanggan mendapatkan benefit lebih dan mau membayar lebih mahal untuk produk yang sejenis atau anda juga bisa menawarkan add on yang relevan dengan produk yang pertama kali di beli oleh pelanggan, misalkan anda menjual kamera dapat menawarkan garansi produk yang lebih lama atau menawarkan atau bisa juga dengan menawarkan jenis kamera yang lebih mahal dengan fitur yang lebih lengkap.
  2. Cross selling : menawarkan agar calon pelanggan berminat untuk order produk lain yang tidak sejenis atau bahkan tidak relevan tapi masih berhubungan dengan minat pembeli. Misalkan tawarkan juga pembeli kamera tersebut untuk membeli voucher tour ke pegunungan bersama dengan fotografer lain. 

Kira kira dengan teknik di atas bagaimana efeknya terhadap penjualan? Seharusnya bagus, karena pelanggan di tawarkan sesuatu yang memang cocok dan di butuhkan dengan minatnya. Bisa jadi hari ini mungkin belum order produk yang di tawarkan, tapi minimal pelanggan tersebut akan tahu dimana tempat order jika berminat di kemudian hari.

Tentu untuk meningkatkan penjualan dengan dua teknik di atas erat kaitannya dengan Product knowledge CS yang bekerja, dengan menguasai produk dengan sendirinya CS akan paham dan merasa nyaman ketika menawarkan produk lain kepada pembeli.

Terakhir, CS harus pintar membaca momentum yang tepat, pastikan produk yang pertama sudah pasti di beli dan di pilih jangan sampai niat untuk meningkatkan penjualan justru membuat pelanggan kehilangan fokus. Khusus untuk cross-selling jika ingin lebih mudah lakukan saja bundling produk , misal anda menjual kamera sekaligus dengan voucher tournya sekalian.

Selamat mencoba ya

2 comments

  1. Infonya bermanfaat sekali pak. Nggak rugi harus share demi bisa baca tulisan ini.

    Terima kasih!

  2. Woow terima kasih mas Indra, setelah saya terapkan fungsi CS sangat vital banget. Kalau dlm penjualan offline mereka menjadi team sales. Saya bener2 merasakan pentingnya produk knowlledge bagi cs. 👍👍👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*